MANIPULASI LANGSUNG - Interaksi Manusia & Komputer
Apa itu
Maipulasi Langsung?
Manipulasi langsung adalah mengklik dan menggeser
objek pada layar tampilan-Manipulasi visual karena pentingnya sesuatu yang
kita lihat selama proses berlangung (Cooper dan
Raiman,2003)
Contoh
: -Game Mobil
-menggeser sebuah berkas dan menjatuhkannya dalam kotak sampah
Manipulasi
langsung memiliki beberapa sifat di antaranta:
·
sederhana
·
langsung
·
mudah digunakandan
·
mudah diingat
Keuntungan
saat kita melakukan manipulasi langsung terhadap komputer adalah:
1.
Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata
2. Mengurangi waktu pembelajaran
3.
Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata
4.
Penampilan visual yang bagus
5.
Mudah dioperasikan
6.
Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung
Manipulasi langsung
juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya:
1. Memerlukan program
yang rumit dan berukuran besar
2.
Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi
3. Memerlukan peranti masukan seperti
tetikus, trackball
4.
Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu
Masalah dengan Manipulasi Langsung
Terkadang
saat kita melakukan manipulasi langsung akan ada penghambat atau masalah yang
datang, seperti:
1. Representasi visual tidak selalu merupakan peningkatan dari teks karena dapat terlalu menyebardan menyesatkan
2.
Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi
visual
3. Bagi juru ketik yang berpengalaman, memindahkan mouse atau menunjuk sesuatu bisa lebih lambat dari
pada mengetik
Antara Manipulasi program dengan Manipulasi isi
Ø
Manipulasi program adalah cara
pengguna menggunakan program aplikasi untuk menyelesaikan
suatu tugas.
Ø
Terdiri dari tindakan seperti :
menekan tombol, menggulung dan dapat diakses secara seragam oleh
semua pengguna.Fokus pada pengelolaan program itu sendiri dengan
antar mukanya.
Ø
Manipulasi isi lebih menunjuk ke data
yang diolah oleh program aplikasi tersebut.
Tindakan yang menyangkut pembentukan, modifikasi, dan
pemindahan data atau objek yang nampak dilayar
secara manual dan langsung menggunakan peranti penunjuk.
Fase Proses
Manipulasi Langsung
Antarmuka manipulasi langsung menyediakan
sejumlah fitursebagai berikut:
Ø
Kenampakan objek yang menjadi perhatian
Ø
Penggantian bahasa yang rumit dengan tindakan
yang memanipulasi objek yang nampaksecara langsung
Ø
Tindakan bertahap pada antarmuka dengan umpan
balik segera untuk semua tindakan yang diambil.
Ø
Kebenaran sintaksis
untuk semuatindaka, sehingga semua tindakan pengguna merupakan langkah
yang sah.
Ø
Untuk tindakan dapat dibatalkan, sehingga
pengguna dirangsang untuk menjelajah suatu produk tanpa
takut konsekkuensi karena berbuat kesalahan.
Proses
Manipulasi langsung
Ada 3 Fase berbeda, yaitu:
1)
Fase Bebas,Fase sebelum pengguna melakukan
tindakan
2)
Fase Aktivitas, Fae ketika pengguna mulai
melakukan penggeseran
3)
Fase Penghentian, Fase setelah pengguna melepas
tombol ketikus.
Umpan Balik Visual
Kunci keberhasilan manipulasi langsung
adalah adanya umpan balik visual yang lengkap, Tergantung
pada fase mana andaberada.
Contoh :
penggunaan bentuk kursor aktivitas Misal
tombol Ctrlatau Ctrl-shift
Piranti
Penunjuk
Tetikus sebagai salah satu
peranti interaktif yang paling banyak digunakan sebagai peranti
penunjuk (pointing device)
Contoh
:
Ø
Tetikus mekanis
Ø
Tetikus optis
Menggunakan
Tetikus
Penyediaan
tetikus dengan beberapa tombol
Ø
Macinthos: tetikusnya mempunyai sebuah tombol.
Ø Komunitas unix menggunakan tiga buah tombol
Ø
tombol Microsoft
menggunakan duabuahtombol
1.
kiri : untuk melakukan fungsi
manipulasi seperti memilih, menggambar dll
2.
tombol kanan : untuk akses langsung ke
properti dan tindakan berdasarkan koteks pada objek dan fungsi.
3. tombol tengah : dimanfaatkan untuk tombol singkat, misal mengatur drivernya, mewakili klik ganda pada tombol kiri.
Referensi :
Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia
dan Komputer Edisi 2, Andi Yogyakarta
Dix, Alan et.al, 2004, Human-Computer
Interaction, Prentice Hall
Galitz, W.O., The Essential Guide to User
Interface Design : An Introduction to GUI Design, Principles, and Techniques,
John Wiley & Sons
Jennifer Preece, Yvonne Rogers, and Helen
Sharp, 2002 Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley
Komentar
Posting Komentar