MANIPULASI LANGSUNG - Interaksi Manusia & Komputer

 


MANIPULASI LANGSUNG 


Apa itu Maipulasi Langsung?

Manipulasi langsung adalah mengklik dan menggeser objek pada layar tampilan-Manipulasi visual karena pentingnya sesuatu yang kita lihat selama proses berlangung  (Cooper dan Raiman,2003) 

Contoh : -Game Mobil 

                -menggeser sebuah berkas dan menjatuhkannya dalam kotak sampah

 

Manipulasi langsung memiliki beberapa sifat di antaranta:

·         sederhana

·         langsung  

·         mudah digunakandan 

·         mudah diingat

 

Keuntungan saat kita melakukan manipulasi langsung terhadap komputer adalah:

1. Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata 

2. Mengurangi waktu pembelajaran 

3. Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata 

4. Penampilan visual yang bagus 

5. Mudah dioperasikan

6. Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung 

 

Manipulasi langsung juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya:

 1. Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar 

 2. Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi 

 3. Memerlukan peranti masukan seperti tetikus, trackball

 4. Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu

 

 Masalah dengan Manipulasi Langsung

Terkadang saat kita melakukan manipulasi langsung akan ada penghambat atau masalah yang datang, seperti:

1.      Representasi visual tidak selalu merupakan peningkatan dari teks karena dapat terlalu menyebardan menyesatkan

2.       Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual

3.      Bagi juru ketik yang berpengalaman, memindahkan mouse atau menunjuk sesuatu bisa lebih lambat dari pada mengetik

 

Antara Manipulasi program dengan Manipulasi isi

Ø  Manipulasi program adalah cara pengguna menggunakan program aplikasi untuk menyelesaikan suatu tugas.

Ø  Terdiri dari tindakan seperti : menekan tombol, menggulung dan dapat diakses secara seragam oleh semua pengguna.Fokus pada pengelolaan program itu sendiri dengan antar mukanya.

Ø  Manipulasi isi lebih menunjuk ke data yang diolah oleh program aplikasi tersebut.

 

Tindakan yang menyangkut pembentukan, modifikasi, dan pemindahan data atau objek yang nampak dilayar secara manual dan langsung menggunakan peranti penunjuk.

 

Fase Proses Manipulasi Langsung

Antarmuka manipulasi langsung menyediakan sejumlah fitursebagai berikut: 

Ø  Kenampakan objek yang menjadi perhatian 

Ø  Penggantian bahasa yang rumit dengan tindakan yang memanipulasi objek yang  nampaksecara langsung

Ø  Tindakan bertahap pada antarmuka dengan umpan balik segera untuk semua tindakan yang  diambil. 

Ø  Kebenaran sintaksis untuk semuatindaka, sehingga semua tindakan pengguna merupakan langkah yang sah. 

Ø  Untuk tindakan dapat dibatalkan, sehingga pengguna dirangsang untuk menjelajah suatu produk tanpa takut konsekkuensi karena berbuat kesalahan.

 

 

Proses Manipulasi langsung 

Ada 3 Fase berbeda, yaitu:

1)      Fase Bebas,Fase sebelum pengguna melakukan tindakan

2)      Fase Aktivitas, Fae ketika pengguna mulai melakukan penggeseran

3)      Fase Penghentian, Fase setelah pengguna melepas tombol ketikus.

 Umpan Balik Visual

        Kunci keberhasilan manipulasi langsung adalah adanya umpan balik visual yang lengkap, Tergantung pada fase mana andaberada.

Contoh : penggunaan bentuk kursor aktivitas Misal tombol Ctrlatau Ctrl-shift

 

Piranti Penunjuk 

        Tetikus sebagai salah satu peranti interaktif yang paling banyak digunakan sebagai peranti penunjuk (pointing device) 

Contoh : 

Ø  Tetikus mekanis 

Ø  Tetikus optis 

 

Menggunakan Tetikus

Penyediaan tetikus dengan beberapa tombol

Ø  Macinthos: tetikusnya mempunyai sebuah tombol.

Ø  Komunitas unix menggunakan tiga buah tombol 

Ø  tombol  Microsoft menggunakan duabuahtombol 

1.       kiri : untuk melakukan fungsi manipulasi seperti memilih, menggambar dll 

2.       tombol kanan : untuk akses langsung ke properti dan tindakan berdasarkan koteks pada objek dan fungsi. 

3.       tombol tengah : dimanfaatkan untuk tombol singkat, misal mengatur drivernya, mewakili klik ganda pada tombol kiri.

Referensi :

Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia dan Komputer Edisi 2, Andi Yogyakarta

Dix, Alan et.al, 2004, Human-Computer Interaction, Prentice Hall

Galitz, W.O., The Essential Guide to User Interface Design : An Introduction to GUI Design, Principles, and Techniques, John Wiley & Sons

Jennifer Preece, Yvonne Rogers, and Helen Sharp, 2002 Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley


--- khairunnas anfa'uhum linnas ---



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antar Muka Berbasis Menu - Interaksi Manusia & Komputer

KEBERGUNAAN (USABILITY) - Interaksi Manusia & Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Bab."Faktor Manusia"