DEFINISI INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan
Komputer (IMK)
Sebuah perangkat lunak atau program aplikasi sebaiknya user friendly (ramah dengan pengguna). User friendly merujuk kepada karakteristik yang dimiliki oleh perangkat lunak atau program aplikasi yang mudah dioperasikan. User friendly juga menyangkut sejumlah kemampuan lain yang membuat pengguna merasa nyaman dalam mengoperasikan perangkat lunak atau program aplikasi. User friendly membuat seorang pemula tidak kesulitan dalam mengoperasikan perangkat lunak dan program aplikasi.
Menurut Shneiderman dan Plaisant (2010, p15), Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta mempelajari fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya.
Konsep IMK
- 1. Perubahan Teknologi -> Perlu Metoda Perancangan yang Berbeda
- 2. Tantangan Bidang IMK
- 3. Sasaran IMK
- 4. Peranan IMK -> Produktivitas
- 5. Efek Perancangan IMK yang Buruk
IMK terhadap perkembangan
teknologi saat ini
Saat ini perkembangan teknologi
(komputer) sangat pesat. Hampir setiap saat kita berhubungan dengan teknologi computer.
Pada awal perkembangan komputer tahun 1950, masih sangat sulit dioperasikan,
tidak praktis, dan waktu eksekusinya sulit diprediksi.
Saat ini komputer sudah jauh lebih
murah, digunakan untuk hampir setiap sisi kehidupan, kita mempunyai pengetahuan
yang cukup bagaimana agar komputer dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kerja
manusia.
Penurunan harga komputer yang sangat
dramatis dihasilkan oleh adanya perkembangan teknologi terutama teknologi
microelectronic dalam bentuk keping silicon (IC). Kemampuan teknologi untuk memperkecil ukuran
rangkaian serta mengkemas sejumlah rangkaian dalam satu keping tipis IC
merupakan langkah menuju perkembangan komputer yang powerful dengan kapasitas
penyimpan yang besar, namun dengan harga yang semakin murah.
Perubahan teknologi di atas telah
membuka kemungkinan penggunaan komputer yang lebih luas. Saat ini kehadiran
komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari dunia bisnis dan industri modern. Komputer
juga ditemukan dalam penggunaan aplikasi rumah tangga
Agar komputer dapat diterima secara
luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik. Hal ini
tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua
orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan
sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.
Pengguna seharusnya tidak perlu
memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting
justru bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya Analoginya
adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor, kita tidak perlu memikirkan
bagaimana cara mesin bekerja.
Tentang IMK / HCI
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah
antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah
ManMachine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan
perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari
antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran
produknya.
Istilah human-computer interaction
(HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980- an sebagai bidang studi yang baru. Istilah
HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas,
tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.
Hubungan IMK dengan
Disiplin Ilmu Lain
Ilmu Komputer
Ilmu komputer adalah ilmu yang membahas tentang perancangan aplikasi dan rekayasa antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Keterkaitan IMK dengan ilmu komputer dalam bidang komputer dan teknologi saat ini dapat kita lihat dari sisi perangkat lunak.
Bidang ilmu komputer
ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk
merancang sistem interaksi manusia dan komputer, sehingga dapat menghasilkan
sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, serta efektif dan efisien.
Psikologi
Adalah ilmu yang
mempelajari tentang tata cara manusia menerima, mempresepsi , mempelajari,
menalar, mengingat dan berfikir tentang sesuatu informasi. Jadi psikologi
disini membahasa prilaku kognitif dari prlaku pengguna. Setiap pengguna pasti
memiliki prilau yang berbeda - beda sehinggan perancang sisitem IMK juga harus
mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna
dapat menggunakan sifat dan kebiasaanya.
Antropologi
Ilmu ini membahas
tentang interaksi teknologi , kerja, dan organisasi, di sisi lain antropologi
juga dapat memberikan pendangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang
masing - masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan
bidang masing - masing
Sosiologi
Ilmu ini berkaitan dengan studi tentang
pengaruh sistem manusia - komputer dalam struktur sosial. Misalnya adanya
kekhawatiran tentang PHK oleh karyawan suatu pabrik karena adanya otomatisasi
sistem.
Perancangan Grafis dan Tifografi
Dalam dunia komputer gambar
dapat digunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia dengan
komputer, keahlian merancang grafik dan tifografi menjadi salah satu kunci
penting untuk menunjang keberhasilan sistem manusia - komputer, karena
antarmuka yang disusuna dapat menjadi lebuh luwes dan menarik
Teknik Elektronika
Berbicara tentang
perangkat keras komputer, tidaklah dapat terlepas dari ilmu teknik elektronika
dan segala aspeknya. Dalam bidang inilah kita dapat mempelajari aspek yang
berhubungan dengan perangkat keras komputer. Perangkat keras tersebut akan
menjadi media yang digunakan untuk dapat berinteraksi dengan komputer, misalnya
seperti layar monitor yang ada saat ini.
Ergonomik
Saat ini banyak
sekali orang bekerja di depan terminal komputer dalam jangka waktu yang cukup
lama, oleh karenanya pengguna perlu mempersiapkan alat - alat yang
mendukuang kenyamanannya untuk bekerja seperti meja kerja. Ergonomik
berhubungan dengan berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan
kerja yang nyaman. Bentuk fisik menja dan kursi kerja, layar, papan ketik,
posisi duduk, lampu, kebersihan, dan aspek lainnya dapat sangat berpengaruh
pada kenyamanan lingkungan kerja.
Linguistik
Linguistik merupakan
cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa beberapa aspek seperti
komputasu dan teori bahasa formal membentuk bidang khusu dalam ilmu komputer.
Pada saat menggunakan
komputer kita akan merasa seolah - olah sedang berintekaksi dengan komputer,
untuk dapat melakukan interaksi tersebut kita memerlukan sarana komunikasi yang
memadai. Sarana komunikasi ini biasanya berbentuk suatu bahasa khusus, misal
bahasa grafis, dan bahasa menu.
Perancangan Industri
yaitu membahas
tentang produk interaktif, dengan semakin berkembangnya teknologi maka akan
semakin banyak produk produk keratif yang menunjang atau mendukung interaksi manusia dengan komputer, misalnya layar
sentuh.
Referensi :
Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia dan Komputer
Edisi 2, Andi Yogyakarta
Yudha. (2018, september 22). hubungan-interaksi-manusia-dan-komputer.
Retrieved oktober 21, 2020, from ladangtecno.com: http://www.ladangtecno.com
Komentar
Posting Komentar