DEFINISI INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER


 

 Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)



        Sebuah perangkat lunak atau program aplikasi sebaiknya user friendly (ramah dengan pengguna). User friendly merujuk kepada karakteristik yang dimiliki oleh perangkat lunak atau program aplikasi yang mudah dioperasikan. User friendly juga menyangkut sejumlah kemampuan lain yang membuat pengguna merasa nyaman dalam mengoperasikan perangkat lunak atau program aplikasi. User friendly membuat seorang pemula tidak kesulitan dalam mengoperasikan perangkat lunak dan program aplikasi.

  Menurut Shneiderman dan Plaisant (2010, p15), Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta mempelajari fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya. 

 

Konsep IMK

  • 1.       Perubahan Teknologi ­-> Perlu Metoda Perancangan yang Berbeda
  • 2.       Tantangan Bidang IMK
  • 3.        Sasaran IMK
  • 4.        Peranan IMK -> Produktivitas
  • 5.       Efek Perancangan IMK yang Buruk



IMK terhadap perkembangan teknologi saat ini

        Saat ini perkembangan teknologi (komputer) sangat pesat. Hampir setiap saat kita berhubungan dengan teknologi computer. Pada awal perkembangan komputer tahun 1950, masih sangat sulit dioperasikan, tidak praktis, dan waktu eksekusinya sulit diprediksi.

        Saat ini komputer sudah jauh lebih murah, digunakan untuk hampir setiap sisi kehidupan, kita mempunyai pengetahuan yang cukup bagaimana agar komputer dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kerja manusia.

        Penurunan harga komputer yang sangat dramatis dihasilkan oleh adanya perkembangan teknologi terutama teknologi microelectronic dalam bentuk keping silicon (IC).  Kemampuan teknologi untuk memperkecil ukuran rangkaian serta mengkemas sejumlah rangkaian dalam satu keping tipis IC merupakan langkah menuju perkembangan komputer yang powerful dengan kapasitas penyimpan yang besar, namun dengan harga yang semakin murah.

        Perubahan teknologi di atas telah membuka kemungkinan penggunaan komputer yang lebih luas. Saat ini kehadiran komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari dunia bisnis dan industri modern. Komputer juga ditemukan dalam penggunaan aplikasi rumah tangga

        Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik. Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.

        Pengguna seharusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting justru bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor, kita tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin bekerja.


Tentang IMK / HCI

         Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah ManMachine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.

         Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980- an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.

         HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya.  HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.

Hubungan IMK dengan Disiplin Ilmu Lain





Ilmu Komputer

        Ilmu komputer adalah ilmu yang membahas tentang perancangan aplikasi dan rekayasa antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Keterkaitan IMK dengan ilmu komputer dalam bidang komputer dan teknologi saat ini dapat kita lihat dari sisi perangkat lunak. 

       Bidang ilmu komputer ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem interaksi manusia dan komputer, sehingga dapat menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, serta efektif dan efisien.

Psikologi

       Adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara manusia menerima, mempresepsi , mempelajari, menalar, mengingat dan berfikir tentang sesuatu informasi. Jadi psikologi disini membahasa prilaku kognitif dari prlaku pengguna. Setiap pengguna pasti memiliki prilau yang berbeda - beda sehinggan perancang sisitem IMK juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaanya.

 

Antropologi 

      Ilmu ini membahas tentang interaksi teknologi , kerja, dan organisasi, di sisi lain antropologi juga dapat memberikan pendangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing - masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidang masing - masing

 

Sosiologi

       Ilmu ini berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia - komputer dalam struktur sosial. Misalnya adanya kekhawatiran tentang PHK oleh karyawan suatu pabrik karena adanya otomatisasi sistem.

 

Perancangan Grafis dan Tifografi

       Dalam dunia komputer gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang efektif  antara manusia dengan komputer, keahlian merancang grafik dan tifografi menjadi salah satu kunci penting untuk menunjang keberhasilan sistem manusia - komputer, karena antarmuka yang disusuna dapat menjadi lebuh luwes dan menarik

 

Teknik Elektronika

       Berbicara tentang perangkat keras komputer, tidaklah dapat terlepas dari ilmu teknik elektronika dan segala aspeknya. Dalam bidang inilah kita dapat mempelajari aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. Perangkat keras tersebut akan menjadi media yang digunakan untuk dapat berinteraksi dengan komputer, misalnya seperti layar monitor yang ada saat ini.

 

Ergonomik

        Saat ini banyak sekali orang bekerja di depan terminal komputer dalam jangka waktu yang cukup lama, oleh karenanya pengguna perlu mempersiapkan alat -  alat yang mendukuang kenyamanannya untuk bekerja seperti meja kerja. Ergonomik berhubungan dengan berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Bentuk fisik menja dan kursi kerja, layar, papan ketik, posisi duduk, lampu, kebersihan, dan aspek lainnya dapat sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja.

 

Linguistik

       Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa beberapa aspek seperti komputasu dan teori bahasa formal membentuk bidang khusu dalam ilmu komputer.

 

       Pada saat menggunakan komputer kita akan merasa seolah - olah sedang berintekaksi dengan komputer, untuk dapat melakukan interaksi tersebut kita memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Sarana komunikasi ini biasanya berbentuk suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, dan bahasa menu.

 

Perancangan Industri

        yaitu membahas tentang produk interaktif, dengan semakin berkembangnya teknologi maka akan semakin banyak produk produk keratif yang menunjang atau mendukung interaksi  manusia dengan komputer, misalnya layar sentuh.







Referensi :

Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia dan Komputer Edisi 2, Andi Yogyakarta

Yudha. (2018, september 22). hubungan-interaksi-manusia-dan-komputer. Retrieved oktober 21, 2020, from ladangtecno.com: http://www.ladangtecno.com




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antar Muka Berbasis Menu - Interaksi Manusia & Komputer

KEBERGUNAAN (USABILITY) - Interaksi Manusia & Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Bab."Faktor Manusia"