Antar Muka Berbasis Menu - Interaksi Manusia & Komputer

 

Antar Muka Berbasis Menu

·       Menu : sekumpulan pilihan yang ditampilkan pada layar, setiap menu mewakili sebuah perintah.

·     Pengguna memilih sebuah perintah dari sejumlah perintah yang disusun ke dalam sejumlah menu dan melihat pengaruhnya.

·    Tujuan Menu : menciptakan organisasi menu yang pantas, mudah dipahami, mudah diingat dan tepat sesuai dengan tugas pengguna.

 

Jenis menu

Organisasi Menu Berbasis Tugas

Struktur menu mendefinisikan tingkat kendali pengguna dalam melaksanakan sebuah task (tugas).

 

Berikut yang termasuk ke dalam Organisasi  Menu Berbasis Tugas:

1.       Single Menu

2.       Sequential Linear Menu

3.       Simultaneous Menus

4.       Hierarchical or Sequential Menu

5.       Connected Menu

 

Menu Tunggal

Menu tunggal memungkinkan pengguna untuk memilih satu dari dua pilihan ataupun sejumlah pilihan

 

1.       Menu Biner hanya boleh memilih satu pilihan dari dua pilihan

2.       Menu Tunggal Banyak Pilihan

3.       Menu Datar merupakan menu berbasis teks konvensional dengan semua menu yang tersedia ditampilkan pada layar.

4.       Menu Tarik adalah menu yang memiliki banyak pilihan, tapi karena keterbatasan ruang pilihan yang ada hanya terlihat pada saat menu utamanya di klik. Dan Pertama kali di kenalkan oleh Xerox Star, Apple Lisa dan Apple Macintosh

5.       Menu berbasis Ikon dan Toolbar Pada menu berbasis ikon dan toolbar, pilihan dinyatakan sebagai suatu ikon atau toolbar tertentu.

6.       Menu dengan Pilihan yang Panjang

1)      Jika menu memiliki pemilihan yang panjang dan tidak mungkin ditampilkan seluruhnya.

2)      Biasanya dikelompokkan menjadi beberapa kategori dan biasanya diimplementasikan dalam bentuk struktur pohon.

a.       Menu Gulung

·         Sejumlah pilihan ditampilkan sesuai dengan ukuran daerah kerja tampilan yang dapat digunakan

·         Diurutkan secara alfabeti

b.      Kotak Kombo

 

c.       Menu Mata Ikan

·         Semua pilihan ditampilkan

·         Hanya untuk pilihan yang letaknya jauh dari posisi kursor akan ditampilkan dengan font/ikon berukuran kecil sementara yang dekat dengan kursor akan ditampilkan dengan font/ikon berukuran normal

 

d.      Penggeser  Digunakan jika harus memilih suatu nilai yang terletak diantara dua batas

 

e.      Menu Dua Dimensi

·         Pilihan yang tersedia disusun menjadi sejumlah baris dan kolom seperti sebuah tabel

·         Biasanya digunakan untuk perancangan situs Web

·         Untuk mengurangi proses penggulungan layar karena jumlah menu yang banyak.

 

 

7.       Menu dan Hotlink tertanam

1)      Menu tertanam adalah menu yang dapat ditambahkan sendiri oleh pengguna suatu aplikasi, misalnya Google Earth.

2)      Menu hotlink banyak dijumpai di situs Website yang tujuannya untuk membawa pengguna ke informasi tertentu

 

8.       Menu breadcrumb

Untuk membantu pengguna menavigasi dirinya ke ruang informasi yang tersedia, seringkali digunakan menu breadcrumb

 

Kombinasi banyak menu

Kombinasi Menu Banyak Pada sejumlah aplikasi, khususnya yang berbasis Web, biasanya dijumpai sejumlah ragam menu yang berbeda

 

Berikut yang termasuk ke dalam Kombinasi Banyak Menu :

1.       Menu Linear & Menu Serempak  

a.       Menu disusun secara linear sehingga membantu pengguna dalam mengambil keputusan secara bertahap

b.      Contoh : Saat pengguna membeli Pakaian, harus memilih dulu ukuran, warna dll

2.       Menu berstruktur Pohon

a.  Menu disusun dan dikelompokan berdasarkan kriteria kriteria tertentu, dengan cara ini akan tercipta sebuah struktur pohon.

b.  Sejumlah pilihan dapat dengan mudah dikelompokkan menjadi sejumlah kategori terpisah dengan pembeda yang unik.

c.       Contoh : Barang yang dijual di toko klontong online dapat di kategorikan berdasarkan hasil bumi, daging, dll. Hasil bumi dapat di kelompokkan menjadi sayuran, buah-buahan dan kacangkacangan dan seterusnya.

 

3.       Peta Situs

a.       Digunakan untuk membantu pengguna mengetahui secara keseluruhan ruang informasi yang tersedia

b.      Cara Mengorganisir Pilihan Untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang dibangun. Berupa pengelompokan dan pengurutan pilihan yang tersedia

 

4.       Jaring Menu tak berputar dan berputar



Referensi

Santosa, P. Insap, 2010, Inteaksi Manusia dan Komputer Edisi

 Andi Yogyakarta 2. Dix, Alan et.al, 2004, Human-Computer Interaction, Prentice Hall

Galitz, W.O., The Essential Guide to User Interface Design : An Introduction to GUI Design, Principles, and Techniques, John Wiley & Sons

Jennifer Preece, Yvonne Rogers, and Helen Sharp, 2002 Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction, John Wiley


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEBERGUNAAN (USABILITY) - Interaksi Manusia & Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Bab."Faktor Manusia"